Small Business (2): Diskon Dapat Menjadi Bumerang

sale(judul asli: Price Reductions Can Backfire)

Kebanyakan promosi pemasaran bertujuan untuk meningkatkan angka penjualan jangka pendek. Ini mengakibatkan banyak sekali pemasar dan pemilik usaha menurunkan harga jual (biasanya dengan cara memberikan diskon). Akan tetapi, seperti apa yang dijelaskan oleh Michael Goodman, seorang pakar pemasaran, menurunkan harga jual tidak selalu menjadi alternatif terbaik atau paling efektif dalam mencapai tujuan tersebut. Kedengarannya seperti tidak masuk akal, apakah dengan menurunkan harga tidak bisa meningkatkan angka penjualan? Jawabannya, belum tentu. Menurut Goodman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk menurunkan harga jual:

  • Marjin. Jumlah keuntungan yang anda dapatkan dari produk atau jasa berpengaruh besar terhadap jumlah diskon yang dapat anda tawarkan. “Anda harus menyadari apa yang menjadi konsekuensi dari diskon tersebut,” jelas Goodman.
  • Jumlah penjualan di masa mendatang. Apakah promosi yang anda lakukan akan menjamin penjualan di masa mendatang? Apabila pelanggan anda menimbun produk anda selama masa promosi, mungkin bulan berikutnya mereka tidak lagi membeli produk anda. Hal ini secara negatif akan mempengaruhi penjualan anda di masa mendatang.
  • Imej kemahalan. Diskon yang berlebihan dan terlalu sering diluncurkan membuat pelanggan berkeyakinan bahwa harga jual anda selama ini terlalu tinggi.
  • Efek jangka panjang. Harga yang terlalu sering diturunkan juga mempengaruhi ekspektasi pembeli. Apabila pelanggan tahu bahwa toh produk-produk anda akan didiskon di kemudian hari, mengapa mereka harus membelinya saat ini?

The Po!nt: Sebelum memutuskan untuk meningkatkan penjualan jangka pendek dengan cara menawarkan diskon, pikirkan efek jangka panjangnya. Pikirkan potensi penjualan jangka panjang dan imej dari produk anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: